Minggu, 20 Agustus 2017

Penyebab Rasa Sakit Sehari Setelah Olahraga

Saat Anda jarang bermain futsal, pergilah ke gym, turun gunung, atau melakukan aktivitas yang melibatkan banyak gerakan, otot Anda mungkin akan terasa sakit keesokan harinya. Mengapa begitu?

Kondisi ini disebabkan oleh kontraksi otot yang abnormal dan berkepanjangan. Ini dikenal sebagai "nyeri otot tertunda" (DOMS) atau "nyeri otot tertunda".

Menurut seorang fisioterapis di Ulster University Sports School, Profesor Phil Glasgow, DOMS diproduksi saat terjadi perubahan dalam kerja otot. Aktivitas yang membutuhkan kerja otot lebih banyak akan menyebabkan kerusakan otot dalam jangka pendek.

"Bahan kimia tertentu menyebabkan penolakan di lokasi otot yang rusak, yang kemudian melepaskan zat yang mengganggu ujung saraf dan menyebabkan nyeri, proses ini begitu rumit sehingga rasa sakit dan nyeri mungkin tertunda hingga 48 jam setelah kerja otot berat "Jelasnya.

Seperti dikutip dari sehatituaku.com Huffingtonpost, Jumat (18/08/2017), Glaskin menjelaskan bahwa tertunda nyeri otot paling sering disebabkan oleh kerja otot dengan gerakan menurun.

"Anda hanya akan merasakan sakit otot karena gerakannya menurun, misalnya menurunkan atau menurunkan beban secara manual, itu membuat Anda sakit," tambahnya.

Namun, seperti yang bisa kita rasakan untuk diri kita sendiri, rasa sakit yang tertunda ini tidak akan muncul kembali saat otot tertentu bekerja seperti olahraga dilakukan secara rutin.

"Tubuh kita sangat baik untuk beradaptasi dan menanggapi nyeri otot yang tertunda ini. Kebanyakan orang yang pergi ke gym untuk pertama kalinya akan mengalami beberapa rasa sakit, tapi jika rutin, tidak sakit."

Tidak ada komentar:

Posting Komentar